hukum1Biro Hukum DKI Jakarta resmi memohon proses kasasi ke Mahkamah Agung (MA) terkait kasus sengketa kepemilikan lahan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Copylas Indonesia. Pengajuan kasasi itu dilakukan 2 Maret lalu, atau tiga hari sebelum batas akhir yang ditetapkan.

"Sudah ada akta pernyataan. Kasasi disampaikan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) sesuai Akta Permohonan Kasasi nomor 67/G/2011/PTUN JKT tanggal 2 Maret 2012," ujar Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi DKI Sri Rahayu, Senin (5/3).

Sri mengatakan, proses selanjutnya adalah menyampaikan memori kasasi yang harus diserahkan sebelum 19 Maret. Dia mengaku tidak tahu berapa lama Mahkamah Agung mempelajari kasus ini dan memutusnya, karena semua adalah kewenangan Mahkamah Agung. Nantinya keputusan Mahkamah Agung adalah yang tertinggi dan berkekuatan hukum tetap atau inkrah. Dia berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa menang dalam kasus melawan pengembang Puri Botanical Garden, Jakarta Barat, itu.

PT Copylas Indonesia menang dalam proses banding di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) mengenai permasalahan surat Gubernur DKI nomor 2349/1.711.52 tertanggal 5 November 2008 terkait dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial. Akibat sengketa tersebut, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum membayarkan uang konsinyasi pembebasan lahan kepada Pengadilan Negeri Jakarta Barat sebesar Rp 187,18 miliar. AS

 

Sumber : Biro Hukum DKI Jakarta

Media : Berita Kota

Cari Produk Hukum

Jejak Pendapat

Total Pengunjung