JAKARTA –  Sebanyak 6 Kelompok Kadarkum dari 5 (lima) wilayah Kota dan 1 (satu) Kabupaten Adm. DKI Jakarta mengikuti Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019, Rabu (28/8). Kegiatan ini berlangsung di Gelanggang Remaja Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Acara dibuka oleh Bapak Bambang Sumardiano Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, beliau mengatakan bahwa "Lomba Kadarkum ini bukan hanya sekedar seremonial saja, tetapi  bisa lebih mengena dan menyadarkan masyarakat umum, tentunya berkaitan dengan bagaimana melaksanakan regulasi-regulasi yang dibuat baik pada tataran Pemerintah Pusat, maupun tataran yang dibuat oleh Pemerintah Daerah setempat, kami berharap bahwa masyarakat bisa sadar hukum dan bisa melaksanakan regulasi dengan baik, sehingga wilayah DKI Jakarta ini tertib hukum, aman, dan tentram".

Dewan juri terdiri dari beberapa unsur, yaitu dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, KPAI, Polda Metro Jaya dan Biro Hukum Setda Provinsi DKI Jakarta.

“Lomba kadarkum adalah salah satu bentuk kegiatan pembinaan kepada kelompok Kadarkum dan kami mengapresiasi kepada seluruh Peserta khususnya, termasuk juga para Pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dan seluruh wilayah Kota/Kabupaten atas sinergitas dengan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Tim yang mengikuti Lomba Kadarkum kali ini bisa menjadi wakil-wakil masyarakat yang bisa menularkan ilmunya kepada masyarakat yang lebih luas”, tutur Sumarno Ketua tim Juri dari BPHN.

Hasil akhir Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Tahun 2019 adalah Kota Adm. Jakarta Utara yang diwakili oleh Kelompok Kerapu meraih Juara I, yang sekaligus akan mewakili DKI Jakarta dalam Lomba Kadarkum Tingkat Nasional pada tahun 2020 mendatang.

 Berikut urutan pemenang Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi tahun 2019 :

- Juara I : Kota Adm. Jakarta Utara, yang diwakili oleh Kelompok Kerapu dari Kecamatan Tanjung Priok

- Juara II : Kota Adm. Jakarta Barat, yang diwakili oleh Kelompok Cupang Serit dari Kelurahan Kedaung Kali Angke

- Juara III : Kota Adm. Jakarta Selatan, yang diwakili oleh Kelompok Gelatik dari Kecamatan Pasar Minggu

- Harapan I : Kepulauan Seribu, yang diwakili oleh Kelompok Bawal Bintang dari Kelurahan Pulau Kelapa

- Harapan II : Kota Adm. Jakarta Timur, yang diwakili oleh Kelompok Kasuari dari Kelurahan Kalisari

- Harapan III : Kota Adm. Jakarta Pusat, yang diwakili oleh Kelompok Mawar dari Kecamatan Sawah Besar.

Acara ini juga dimeriahkan hiburan musik band dan tarian dari para Warga Binaan Rutan Cipinang dan Lapas Salemba.

Cari Produk Hukum

Jejak Pendapat

Total Pengunjung