Jakarta – (10/12) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperoleh Penghargaan atas Upaya Pelaksanaan Program Percontohan Pelayanan Publik Berbasis HAM Tahun 2021 yang diserahkan oleh Bapak Yasonna H. Laoly Menteri Hukum dan HAM RI dan diterima Bapak A. Riza Patria Wakil Gubernur DKI Jakarta, penyerahan penghargaan bersamaan dengan pelaksanaan peringatan Hari HAM Sedunia Tahun 2021 yang digelar di Graha Pengayoman.

 

Penghargaan diberikan kepada Pemprov DKI Jakarta sebagai daerah yang akan menjadi role model dalam pengembangan pelayanan publik berbasis hak asasi manusia (P2HAM) di Pemerintah Daerah.

 

Pemprov DKI Jakarta terpilih sebagai daerah percontohan pelayanan publik berbasis HAM yang ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal HAM Nomor: HAM-09.HA.03.07 Tahun 2021 pada tanggal 27 April 2021. Pada tanggal 15-17 September 2021 Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM bersama dengan tim telah melakukan kunjungan lapangan pada 3 (tiga) unit pelaksana teknis (UPT): Unit Pelayanan Administrasi Kependudukan (UPAK) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, UP PMPTSP Kota Administrasi Jakarta Selatan Dinas PMPTSP Provinsi DKI Jakarta, UPT Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, dan berdasarkan hasil kunjungan lapangan bahwa ke-3 (tiga) UPT tersebut telah memenuhi 14 (empat belas) kriteria indikator pelayanan publik berbasis HAM yang direkomendasikan.

 

Pemprov DKI Jakarta memberikan dukungan penuh terhadap program-program dalam pelaksanaan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM (P5HAM) diantaranya pelaksanaan dan pemenuhan target Rencana Aksi Nasional HAM, Kabupaten/Kota Peduli HAM berkolaborasi bersama antara Perangkat Daerah dan Biro Hukum yang memiliki tugas melaksanakan pembinaan hak asasi manusia.

Cari Produk Hukum

Jejak Pendapat

Total Pengunjung